MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA GEOGRAFI MITIGASI BENCANA MODEL DISCOVERY
MODUL AJAR KURIKULUM
MERDEKA
GEOGRAFI FASE F KELAS XI
INFORMASI UMUM |
|||||||||||||||||||||||||
A. IDENTITAS MODUL |
|||||||||||||||||||||||||
Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase F, Kelas / Semester Bab 4 Alokasi Waktu |
: : : : : : : |
SMA IT Nurul Falah Tahun 2023/2025 SMA Geografi XI (Sebelas) / II (Genap) Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan |
|||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI AWAL |
|||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Fase F Pada akhir fase F peserta didik mampu mengembangkan
pertanyaan tentang karakteristik wilayah dengan aktivitas tertentu akibat
perubahan fisik dan sosial, berupa Posisi Strategis, Pola Keanekaragaman
Hayati Indonesia dan Dunia, Kebencanaan dan Lingkungan Hidup, Kewilayahan dan
Pembangunan, serta Kerja sama antar Wilayah, mampu mengolah informasi
karakteristik wilayah, mampu menganalisis aktivitas tertentu akibat perubahan
fisik dan sosial berdasarkan pengamatan terencana dengan memanfatkan
penggunaan peta, melalui pengamatan, kegiatan penelitian sederhana, mampu memprediksi perubahan kondisi alam
dan sosial, dan mampu memaparkan hasil penelitian/projek tentang wilayah berupa
keunggulan posisi strategis, sumber daya alam ataupun kebencanaan wilayah di
Indonesia dengan memanfaatkan peta (tabel, data, dan lain-lain) dan pemanfaatan teknologi SIG, mampu
memprediksi ide solusi perkembangan wilayah, posisi strategis, sumber daya,
dan kebencanaan di Indonesia. Peserta didik mampu menganalisa perkembangan
desa kota dalam konteks perkembangan wilayah dan kerja sama antar wilayah
dalam bentuk projek terencana, mampu menganalisa data spasial dan numerik
yang diperoleh dari berbagai metode tentang pengaruh pengembangan wilayah
Indonesia dan kerja sama dengan negara-negara di sekitar atau dunia. Peserta
didik mampu mengevaluasi fakta kerja sama antar wilayah dan menyajikannya
dalam sebuah laporan sederhana. Capaian Berdasarkan Elemen
|
|||||||||||||||||||||||||
C. ATP
dan Indikator |
|||||||||||||||||||||||||
ATP : Siklus
Penanggunlangan Bencana Indikator : Pencegahan,Tanggap darurat,
Rehabilitasi, Rekonstruksi bencana alam |
|||||||||||||||||||||||||
D. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|||||||||||||||||||||||||
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan
berakhlak mulia, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif. |
|||||||||||||||||||||||||
E. SARANA DAN PRASARANA |
|||||||||||||||||||||||||
Sarana dan Prasarana § Komputer/Laptop § Jaringan internet / wifi § LCD/ proyektor § Papan Tulis |
|||||||||||||||||||||||||
F. TARGET PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||
§ Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan
dalam mencerna dan memahami materi ajar. |
|||||||||||||||||||||||||
G. MODEL
PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||
§ Model Pembelajaran Diskusi,
Tanya Jawab § Model Pembelajaran Discovery learning |
|||||||||||||||||||||||||
H. KATA
KUNCI |
|||||||||||||||||||||||||
§ Bencana Alam – Mitigasi Bencana – Adaptasi
Bencana |
|||||||||||||||||||||||||
KOMPONEN INTI |
|||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||
Melalui pembelajaran dengan model Discovery Learning peserta didik mampu
menyimpulkan mitigasi kebencanaan berbasis karakteristik wilayah dan kearifan
lokal secara kreatif dan bernalar kritis, bergotong royong serta
berkebinekaan global. |
|||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
|||||||||||||||||||||||||
§ Konsep, mitigasi, dan adaptasi bencana. § Memahami
fenomena-fenomena bencana di Indonesia. |
|||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
|||||||||||||||||||||||||
§ Pernahkah kamu melihat tetiba benda di sekeliling kamu bergoyang
atau bergerak? |
|||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||
Refleksi
Guru: Dalam
memfasilitasi proses pembelajaran Mitigas bencana, apakah saya sebagai guru
sudah: 1. Konsisten memberi
keteladanan pada peserta didik dalam sikap dan perilaku sehari-hari secara
baik? (sangat baik/baik/sedang/kurang baik) 2. menjadikan pembelajaran tidak berpusat pada saya sebagai guru,
melainkan berpusat pada peserta didik secara baik? (sangat baik/baik/
sedang/kurang baik) 3. Menggunakan pembelajaran
secara konstektual secara baik? (sangat baik/ baik/sedang/kurang baik) 4. Apa yang perlu saya
tingkatkan dalam proses pembelajaran pada Bab Posisi Strategis Indonesia dan
Potensi Sumber Daya Alam mendatang? Refleksi Peserta Didik : (1)
Apakah tujuan belajar kalian telah tercapai? (2)
Bagaimana perasaan kalian selama pembelajaran berlangsung? (3)
Bagaimana rencana kalian untuk pembelajaran lebih lanjut? |
|||||||||||||||||||||||||
F.
BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||
§ Guru dan peserta didik mencari berbagai
informasi tentang Mitigasi Bencana media atau website resmi dibawa
nauangan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. § Buku Panduan Guru dan Peserta didik
Geografi untuk SMA/MA Kelas XI, Penerbit Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi 2021 |
|||||||||||||||||||||||||
G.
GLOSARIUM |
|||||||||||||||||||||||||
Mitigasi
bencana adalah segala
upaya untuk mengurangi risiko bencana. Program mitigasi bencana dapat
dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan
menghadapi ancaman bencana. Adaptasi
bencana
adalah penyesuaian sistem alam dan manusia terhadap bencana alam yang
terjadi untuk mengurangi dampa. Jenis adaptasi bencana dibagi menjadi dua
yaitu secara struktural dan non struktural. Bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam
dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam
atau non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban
jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. |
|||||||||||||||||||||||||
H.
DAFTAR PUSTAKA |
|||||||||||||||||||||||||
Abdurrahman. 2013. Pembangunan
Berkelanjutan dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia. [Makalah].
Disampaikan pada seminar pembangunan hukum nasional VIII tema Penegakan Hukum
dalam era Pembangunan Berkelanjutan. Adiyoso, W. (2018). Manajemen Bencana:
Pengantar dan Isu-Isu Strategis. Bumi Aksara. Alkhabsi, G. A., & Trianda, O. (2020). Geologi
Dan Potensi Andesit Sebagai Bahan Bangunan Berdasarkan Kuat Tekan Daerah Pule
Dan Sekitarnya, Trenggalek, Jawa Timur. Geoda, 1(1), 9–15. Badan Pusat Statistik. 2021. https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2010 BNPB (Badan Nasional Penanggulangan
Bencana). (2008). Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor
4 Tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan Bencana Penanggulangan
Bencana. BNPB, Jakarta. BNPB (Badan Nasional Penanggulangan
Bencana). (2012). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana Edisi
2012. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. 2020. Kenali
Fungsi dan Macam-Macam Lingkungan Hidup. (https://dlh.semarangkota.go.id/kenali-fungsidan-macam-macam-lingkungan-hidup/, diakses pada tanggal 23
Oktober 2021) |
Bandar Lampung, 12 Januari 2024
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA IT Nurul Falah Guru Mata Pelajaran Geografi
Sahrul Abas, S.Sos.I,.S.E,.M.Pd. Yoga Puspa Sari, S.Pd
Komentar
Posting Komentar