MODUL AJAR KELAS X GEOGRAFI

 

 

 

 


MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI FASE F

BAB 3

A.INFORMASI UMUM DAN KOMPETENSI

IDENTITAS SEKOLAH

Nama Penyusun

Yoga Puspa Sari, S.Pd

Nama Sekolah

SMA N 1 Seputih Mataram

Kelas

XI (Sebelas)

Semester

Genap

Fase

F

Alokasi Waktu

2x 45

Mapel

GEOGRAFI

Materi

Lingkungan dan Kependudukan

Jumlah Peserta didik

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Keterampilan Proses

Pada akhir fase, peserta didik terampil dalam membaca dan menuliskan tentang Posisi Strategis, Pola Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Dunia, Kebencanaan dan Lingkungan Hidup, Kewilayahan dan Pembangunan, serta Kerja sama antar Wilayah. Peserta didik mampu menyampaikan mengomunikasikan ide antar mereka, dan mampu bekerja secara kelompok atau pun mandiri dengan alat bantu hasil produk sendiri berupa peta atau alat pembelajaran.

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase, peserta didik mampu mengidentifikasi, memahami, mengolah dan menganalisis, serta mengevaluasi secara keruangan tentang Posisi Strategis, Pola Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Dunia, Kebencanaan dan Lingkungan Hidup, Kewilayahan dan Pembangunan, serta Kerja sama antar Wilayah, memaparkan ide, dan memublikasikannya.

Profil Pelajar Pancasila yang Berkaitan

a.  beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

b.  berkebinekaan global

c.  bergotong-royong

d.  Mandiri

e.  bernalar kritis, dan

f.   kreatif.

Sarana

Sarana Prasarana

Ruang kelas / outdoor

Alat dan Bahan                       : Komputer/Laptop, LCD, Internet

Materi dan Sumber Ajar         : Modul, Buku, Slide, Video, Gambar

 

Target Peserta Didik

Peserta didik kelas XI (FASE F) yang menjadi target yaitu peserta didik reguler atau inklusif

B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                       

Apersepsi

Lingkungan alam membutuhkan manusia untuk memanfaatkan dan menjaga kelestariannya. Bagaimana mewujudkan etika dan kualitas lingkungan yang baik? Bagaimana isu-isu lingkungan global berpengaruh terhadap kehidupan secara lokal? Bagaimana dinamika kependudukan di Indonesia berlangsung? Serta bagaimana pengaruh kependudukan terhadap lingkungan? Pertanyaanpertanyaan tersebut akan kita pelajari bersama dalam uraian materi berikut. Mempelajari lingkungan dan kependudukan sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Permasalahan kependudukan yang terjadi dapat berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kehidupan lingkungan kita. Sebagai contoh, global warming merupakan satu diantara masalah lingkungan hidup yang terjadi akibat akumulasi gas rumah kaca di angkasa. Gas rumah kaca tersebut bersumber dari aktivitas manusia dalam industri, transportasi, maupun aktivitas domestik lainnya.

Tujuan Pembelajaran

 Peserta didik mampu menjelaskan lingkungan, ekosistem, dan permasalahannya

Kata Kunci

lingkungan hidup daya dukung lingkungan kualitas lingkungan hidup – global warming

Pertanyaan Pemantik

·        apakah kalian pernah melihat rantai makanan di kehidupan sehari-hari?

Ketersediaan Materi

·        Pengayaan untuk peserta didik

·        Alternatif penjelasan, metode pembelajaran, atau pemahaman materi oleh peserta didik

Assesmen

·        Assesmen individu atau kelompok

·        Tes tertulis/pengetahuan/

Unit kegiatan

·        Individu dan kelompok

Persiapan Pembelajaran

·        Menyiapkan materi bahan ajar

·        Meyiapkan lembar kerja peserta didik

 

Materi Prasyarat

Menjelaskan lingkungan, ekosistem

Model Pembelajaran

Cooperative Learning

Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab, presentasi dan penugasan

Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan Awal (15 Menit)

o   Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama peserta didik

o   Guru memperhatikan kesiapan psikis dan fisik peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memperhatikan kebersihan, kerapihan, ketertiban dan kehadiran peserta didik

o   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai serta garis besar materi yang akan dibahas selama pembelajaran berlangsung

o   Guru   memberikan   motivasi   untuk   mengkondisikan   suasana   belajar   yang   kondusif   dengan mengajukan pertanyaan mengenai kondisi peserta didik saat ini.

o   Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran

 

2.  Kegiatan Inti (60 Menit)

o    Guru memberikan stimulus dengan memperlihatkan gambar / video lingkungan dan ekosistem

o    Setelah peserta didik menyimak gambar / video yang diperlihatkan,  guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk menarik perhatian dan keaktifan peserta didik: apakah kalian pernah melihat rantai makanan di kehidupan sehari-hari?

o    Guru memperhatikan semua keaktifan peserta didik dan level pertanyaan disesuaikan pula untuk melatih kemandirian dan bernalar kritis

o    Guru membentuk kelas menjadi 4 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari peserta didik yang memiliki kemampuan berbeda-beda, sehingga diharapkan tutor sebaya dapat memaksimalkan proses pembelajaran berjalan baik. Perkelompok mengerjakan tugas lkpd yang telah diberikan oleh guru.

o    Setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas selama 5 menit/kelompok.

o    Selama proses tanya jawab, diskusi, dan presentasi guru melakukan pengamatan dan penilaian sesuai rubrik pengamatan/penilaian yang telah dibuat.

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

o    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpendapat menarik  kesimpulan/generalisasi atas seluruh pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran, kemudian guru melanjutkan dengan memberikan penguatan dalam kesimpulan tersebut.

o    Guru membagikan lembar LKPD mandiri kepada peserta didik, untuk dikerjakan. Dan peserta didik mengerjakan LKPD tersebut.

o    Guru menyampaikan kepada peserta didik untuk dapat membaca terlebih dahulu materi selanjutnya untuk di bahas pada pertemuan selanjutnya

o    Penutup (Doa)

Pembelajaran Berdiferensiasi

Pengayaan dan remidial : Ada (tes lisan materi yang belum dikuasai)

Lembar Kerja Peserta Didik

Ada

 

Mengetahui :

Kepala Sekolah SMA IT NURUL FALAH                                                                       Guru Mata Pelajaran,

                                                                                                                                                                                                           

 

 

 

Sahrul Abas, S.Sos.I.S.E,.M.Pd.                                                                                        Yoga Puspa Sari, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA GEOGRAFI "MITIGASI BENCANA ALAM

PAPER PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK)

DISIPLIN ILMU-ILMU SOSIAL